Harr Prawira

Dunia Dalam Blog

Tips Memilih Komponen Komputer

Komputer > Tips & Tutorial Komputer > Tips Memilih Komponen Komputer

Jika Anda sedang berencana untuk membeli sebuah komputer PC terutama PC Rakitan, sebaiknya Anda harus mengetahui tentang kompatibilitas antar hardware yang ada dalam PC itu sendiri nantinya. Karena, beda halnya jika Anda membeli sebuah PC Built Up, dimana PC itu sudah terakit secara langsung oleh perusahaan pembuatnya sehingga kita tinggal hanya memakainya saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca Perbedaan Komputer Rakitan dan Built Up

Nah, dalam hal memilih komponen komputer, berikut tips nya:

  1. Processor. Terdapat dua produsen processor yang bersaing hingga saat ini yakni Intel dan AMD. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk komponen yang satu ini, terlepas dari Anda memilih Intel ataupun AMD sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada. Misalkan kebutuhan Anda hanya sekedar browsing, nonton, office, dan sebagainya maka cukup memakai processor dengan jenis Dual Core. Lain halnya bila untuk bermain game, dapat memilih processor dengan jumlah core dan thread minimal 4. Pertimbangkan pula membeli processor yang versi unlock sehingga dapat di overclock untuk mengoptimalkan pada saat bermain game.
  2. Motherboard. Untuk komponen yang satu ini, disesuaikan dengan jenis processor yang akan dipakai juga. Misalkan bila Anda memiliki Processor versi unlock, maka disarankan memilih motherboard yang dapat mendukung kegiatan overclock Anda, karena tidak semua motherboard dapat mendukung itu walaupun dengan jenis socket yang sama.
  3. Ram. Tipe ram harus menyesuaikan motherboard yang dipakai, dan harus diperhatikan batas maksimum kecepatan yang dapat di handle oleh motherboard. Contoh: Ram dengan tipe DDR3 memiliki kecepatan 1333 MHz dan 1600 MHz. Nah mungkin saja terdapat motherboard dengan tipe Ram DDR3 namun hanya mendukung kecepatan sampai 1333 MHz sehingga bila memakai Ram 1600 MHz tidak akan bisa walaupun dengan tipe ram yang sama.
  4. VGA. Untuk komponen ini sebenarnya bila Anda hanya memakai komputer tidak untuk gaming, editing, rendering, dsb maka sebuah VGA Onboard saja sudah cukup, sehingga Anda tidak perlu membeli VGA Card Add-On. Nah untuk yang gaming, VGA Card ini sebetulnya tidak ada jenis khusus yang artinya bahwa semua jenis VGA card dapat dipakai pada motherboard Anda selama terdapat slot PCI-e. Terdapat berbagai jenis VGA Card di pasaran sehingga sebaiknya Anda dapat memilih dengan cermat sesuai dengan kebutuhan dan bugdet pastinya. Oh ya, untuk menjaga suhu komponen yang satu ini, anda dapat menggunakan Fan VGA tambahan agar suhu tetap optimal. (hehehe iklan dikit ya ^^)
  5. PSU. Komponen ini merupakan salah satu yang paling penting dalam Komputer PC, seandainya Anda memakai Power Supply (PSU) dengan kualitas yang jelek atau bahkan memakai PSU bawaan casing, maka bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu Anda mengalami masalah pada komponen ini sehingga dapat pula merusak komponen Anda yang lain apalagi Komputer PC yang digunakan untuk bermain Game. Sehingga baiknya Anda memilih PSU berkualitas yang minimal sudah memiliki sertifikasi 80+ Bronze. Lebih baik lagi bila Anda memakai yang sudah Gold / Platinum. Untuk besaran watt PSU yang akan digunakan hendaknya Anda menggunakan software penghitung kebutuhan PSU sebagai acuan berdasarkan banyaknya komponen yang dipakai. Untuk software itu sendiri dapat memakai Kalkulator PSU.
  6. Heatshink Fan Processor. Sebenarnya ketika Anda membeli sebuah processor yang telah dilengkapi dengan Fan bawaan itu sudah cukup. Namun, untuk pemakaian gaming bahkan overclocking menggunakan Fan bawaan tidak direkomendasikan. Sehingga Anda dapat menggunakan sebuah Fan Processor aftermarket yang memiliki heatshink, heatpipe, dan Fan berukuran besar. Bila belum puas dengan performanya, dapat pula menggunakan Water Cooling system baik yang Kit ataupun Custom.
  7. Harddisk / SSD. Anda dapat menggunakan salah satu antara Hardisk ataupun SSD sebagai tempat penyimpanan data. Atau juga dapat menggunakan keduanya misalkan SSD digunakan sebagai tempat sistem operasi (OS) sedangkan HDD sebagai tempat penyimpanan data. Untuk besaran nya dapat juga disesuaikan dengan kebutuhan.
  8. Casing / Case. Nah terakhir, case ini yang akan digunakan sebagai tempat berteduhnya seluruh komponen diatas :D. Perhatikan jenis motherboard yang digunakan apakah ATX, Micro ATX, atau Mini ITX. Jangan sampai membeli case Micro ATX sedangkan jenis motherboard Anda ATX sehingga nantinya tidak akan muat 😀

Itulah beberapa tips sederhana dalam memilih komponen Komputer PC Anda, yang perlu di garis bawahi adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan bugdet Anda sehingga tidak terkesan mubazir nantinya. 😀

Sekian dan terima kasih atas waktu yang disediakan untuk sekedar melihat tulisan ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share tulisan ini ya.. ^^

Komentar
Bagikan ini:

The Author

Harr Prawira

Hanya orang biasa yang hobi dalam hal Komputer, Teknologi, dan Otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Harr Prawira © 2017