Harr Prawira

Dunia Dalam Blog

Perbedaan Komputer Rakitan dan Komputer Built Up

Komputer > Tips & Tutorial Komputer > Perbedaan Komputer Rakitan dan Komputer Built Up

Jika anda berencana untuk membeli sebuah komputer PC, baiknya anda terlebih dahulu mengetahui perbedaan PC Rakitan dengan PC Built Up. Dengan begitu, anda tidak akan bingung nantinya ketika sudah berada di toko Komputer. Ya mungkin sebagian besar sudah tahu tentang perbedaannya tersebut, namun apa salahnya bila saya membahasnya disini, toh siapa tahu memang belum ada yang tahu. ^^

Komputer Built Up adalah Komputer yang diproduksi oleh suatu brand / vendor, diantaranya Acer, Dell, HP, Lenovo, dll yang komponen di dalamnya sudah di rakit sehingga pembeli hanya tinggal memakai komputer tersebut. Biasanya Komputer Built Up sudah termasuk piranti pendukungnya seperti Mouse, Keyboard, Monitor, dll. Sedangkan Komputer Rakitan adalah Komputer yang dirakit sendiri ataupun bisa dirakitkan oleh Toko dengan sepesifikasi yang sesuai dengan permintaan pemakai. Dari segi harga, kualitas, spesifikasi dan performanya tentu ada perbedaan, berikut Perbedaan Komputer Rakitan dan Komputer Built Up :

  1. Spesifikasi. Komputer Built Up biasanya dijual dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh vendor  sehingga Pemakai tidak bisa memilih spesifikasi dengan sendiri. Sedangkan Komputer Rakitan dapat memakai spesifikasi sesuai pilihannya mulai dari Processor, Motherboard, Memory, Hardisk, dsb.
  2. Kualitas. Komputer Built Up terkenal dengan keawetannya, karena setiap komponen yang dipakai di dalamnya telah diperhitungkan oleh Vendor bukan sekedar merakit saja. Sedangkan Komputer Rakitan kualitasnya bergantung pada setiap komponen yang dipakai itu sendiri, bila memakai komponen berkualitas maka akan lebih awet dibandingkan kebalikannya. Disini dibutuhkan pengetahuan dalam memilih komponen yang berkualitas.
  3. Performa. Untuk performa tergantung dari spesifikasi Komputer itu sendiri, bila vendor menawarkan PC Built up dengan performa menggiurkan namun masih tidak sesuai keinginan pembeli, maka Komputer Rakitan bisa menjadi pilihannya.
  4. Harga. Komputer Built Up memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Komputer Rakitan dengan spesifikasi yang sama. Hal ini berkaitan dengan kualitas yang ditawarkan oleh vendor, diantaranya memiliki build quality yang baik mulai dari Casing hingga komponen-komponen yang dipakai di dalamnya. Namun bukan berarti Komputer Rakitan tidak.
  5. Garansi. Bila Komputer Built Up bermasalah dalam masa garansi, pembeli hendaknya tidak membongkar sendiri PC tersebut karena akan menyebabkan garansi hangus karena segel yang terletak di Casing akan rusak bila dibongkar sendiri. Beda halnya bila Komputer Rakitan dimana setiap komponen memiliki garansi tersendiri tergantung tempat kita membeli. Bila Hardisk rusak, maka pembeli cukup membawa Hardisk nya saja ke tempat service center atau ke toko kita membeli.

Itulah beberapa Perbedaan Komputer Rakitan dan Komputer Built Up. Kesimpulannya bahwa Komputer Built Up biasanya dipakai oleh orang-orang yang mengutamakan ke praktisan contohnya Perkantoran, Sekolah, dll. Sedangkan Komputer Rakitan merupakan pilihan bagi orang-orang yang memiliki keahlian di dalamnya misalkan Gamer, Editor Video, Designer yang membutuhkan sepesifikasi khusus sesuai keinginannya.

Komentar
Bagikan ini:

The Author

Harr Prawira

Hanya orang biasa yang hobi dalam hal Komputer, Teknologi, dan Otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Harr Prawira © 2017